Rabu, 12 September 2012

At-Tibyan (15 Romadhon 1433 H)


Assalamu'alaikum Wr Wb.

Sekilas Ringkasan Al faqir dari pengajian rutin bersama Buya Yahya dengan Kajian Kitab At Tibyan karya al Imam an Nawawi setiap hari selama bulan suci Ramadhan di Majelis Albahjah sendang-sumber - Cirebon mulai pkl. 16.00 s/d 17.00 WIB. 

ULASAN PENGAJIAN AT-TIBYAN BERSAMA BUYA YAHYA

Jum'at tgl. 15 Ramadhan 1433 H / 4 Agustus 2012

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Afwan bila ada yang salah atau kurang...

# Himbauan Membaca Surat Selalin Al-
* Imam Syafi'i Rahimahumullah berkata :
-> Jika ada makmum masbuk bertemu dengan imam di 2 rakaat akhir (misal rakaat ketiga dan ke empat pada shalat dzuhur), kemudian berdiri makmum masbuk tsb harus menyambung untuk menyelesaikan , berarti kurang 2 rakaat. Maka di rakaat ketiga dan ke empat yg tidak diikuti Imam disunnahkan untuk membaca surat (Imam An Nawawi). 
- pendapat pertama : Kebanyakan ulama madzhab syafii sebagian mengatakan Sunnah Membaca surat lain di 2 rakaat yg akhir setelah Fatihah.
- pendapat lain Tidak, yg benar pendapat yg pertama, supaya tidak sepi sholatnya maka tetap di himbau untuk membaca surat setelah membaca Al-Fatihah.

* Adapun seorang makmum sholat Sirriyah (sholat yg tidak diterangkan/di lirihkan suaranya, mis. Dzuhur , Ashar) makmum dengan imam dalam sholat sirriyah tentang Fatihah (Fatihah wajib dibaca baik imam/makmum maupun sendiri), dan membaca surat lain setelah Fatihah hukumnya sunnah. Begitu juga shalat jahriyah(yang dikeraskan suaranya,misalnya shalat shubuh, maghrib, isya) tetap wajib membaca surat Al-Fatihah. Imam membaca Fatihah, makmum dengar, setelah itu makmum membaca surat Al-Fatihah.

* Tapi jika ada orang (makmum) yg mendengar imam membaca surat selain Fatihah (misal mendengar Ad-Dhuha) maka makruh anda membaca surat lain disaat imam membaca surat (tapi membaca fatihah itu wajib, meskipun ada khilaf dalam hal ini).

* Menurut madzhab kita Imam Syafi'i membaca fatihah itu wajib bagi Makmum, setelah mendengar imam selesai membaca Fatihah. Jadi, Wajib bagi Imam, makmum, orang yg sholat sendirian, serta makmum yang tidak dengar bacaan Imam, maka jelas WAJIB membaca Fatihah. Berkenaan dengan ini disunnahkan bagi Imam untuk memberikan kesempatan bagi makmum agar tidak buru-buru membaca Fathihah, maka setelah Imam membaca (وَلا الضَّالِّينَ) kemudian aamiin, diam sejenak/ada jeda. 

* Pendapat yang lemah adalah tidak wajib membaca Fatihah. Tapi intinya makmum Wajib membaca Fatihah, hanya satu yang boleh tidak membaca Fatihah. Makmum yang tidak wajib membaca Fatihah adalah makmum yang tidak sempat berdiri bersama dg imam (karena tidak ada kesempatan membaca fatihah).

* Jika engkau berdiri dengan imam lalu lupa membaca Fatihah, maka selesaikan dulu bacaan Fatihahnya.

# Aturan Membaca surat Al-Fatihah :
- Orang yang sholat sendiri-> MUTLAK Wajib membaca Fatihah. Dan Sunnah membaca Surat lain setelah itu.
- Dan Imam -> sama hal nya dengan orang yang sholat sendiri, yaitu Wajib membaca Fatihah dan sunnah membaca surat lain setelah itu.
- Makmum -> Sama, Wajib membaca Fatihah, dan disunnahkan Fathihah nya tidak bareng dengan imam, Yaitu setelah Fatihah nya Imam. Dan untuk membaca Surat lain, ada 2 pendapat:
1. Jika makmum mendengar imam membaca Surat, maka makmum tidak sunnah membaca Surat.
2. Kalau makmum tidak mendengar, maka sunnah membaca surat lain tapi jangan keras-keras. Dan keadaan saat makmum tidak wajib membaca Fatihah disaat makmum tidak sempat menemui imam cukup membaca Fatihah, Misal baru Allahu Akbar kemudian Imamnya Rukuk.

* Wajib mambaca Al Fatihah di Takbir yang pertama di dalam shalat Jenazah.
* Adapun membaca Al-Fatihah di sholat sunnah itu hukumnya Wajib.
* Bagi orang yang tidak bisa membaca alfatihah, maka cukup membaca salah satu surat dari alqurran.
* Jika tidak bisa juga membaca surat dari Al-Qur’an , maka cukup membaca zikir-zikir sekiranya seperti alfatihah
* Jika tidak bisa juga, maka cukup berdiri saja sekiranya selama qadar waktu membaca alfatihah, kemudian langsung ruku’
* Dan disunnahkan bagi Imam untuk diam sebentar setelah dia membaca surat alfatihah, memberi kesempatan untuk makmum membaca al-fatihah.

Wallahu a'lam Bisshowab

♥ Muslimah ♥





~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kunjungi Website Buya Yahya di www.buyayahya.org
Gabung bersama RadioQU melalui streaming di www.radioquonline.com
Gabung bersama sahabat Muslimah di Facebook https://www.facebook.com/pages/Muslimah/275415002532566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar