Rabu, 12 September 2012

At-Tibyan (6 Romadhon 1433 H)

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Sekilas pendengaran Al faqir dari pengajian rutin bersama Buya Yahya dengan Kajian Kitab At Tibyan karya al Imam aN Nawawi setiap hari selama bulan suci Ramadhan di Majelis Albahjah sendang-sumber - Cirebon mulai pkl. 16.00 s/d 17.00 WIB. 

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Kamis, 6 Romadhon 1433 H/ 26 Juli 2012

Afwan Jika ada yang salah atau kurang...

# Anjuran saat melewati ayat yang Menyebutkan Rahmat Allah ataupun Siksa #

* Disunnahkan jika seseorang melewati ayat yang menyebutkan rahmat Allah hendaknya memohon kepada Allah yang Maha Mulia dan Maha Tinggi.
* Jika melewati ayat siksa, hendaknya minta perlindungan/pertolongan dari hal tersebut. Atau berdo'a " Ya Allah aku mohon kepadaMu kebaikan, keselamatan dari segala yang tidak baik ", dan do'a ini tidak tebatas.
* Jika melewati ayat-ayat yang mensucikan Allah Yang Maha Luhur, maka ikutlah mensucikanNya dan mengAgungkan Allah.
* Disunnahkan memohon dan bertasbih untuk setiap Qori', baik di dalam sholat maupun diluar sholat.
* Disunnahkan di dalam sholat untuk imam dan makmum seperti meng-aamiin-kan dalam sholat (baik sholat berjama'ah maupun sholat sendiri) dan inilah yang dimaksud minta perlindungan.
* Hukum berdo'a dalam sholat :
-> Menurut Imam Abu Hanifah `Makruh` berdo'a dalam sholat,
-> Menurut jumhur Ulama `Sunnah`, dan Imam An Nawawi menyebutkan `Sunnah` karena ada Riwayat dari Rasulullah SAW.
* Tidak akan bisa bagi orang yang tidak merenungi Al-Qur'an dan orang yang tidak faham maknanya untuk memohon (berdo'a), untuk itu disarankan untuk dapat merenungi Al-Qur'an.

# Anjuran untuk memperhatikan dan menghormati Al-Qur'an #
* `Hal yang Harus diperhatikan dalam menghormati Al-Qur'an terkadang orang-orang suka lalai disaat membaca Al-Qur'an ramai-ramai (bersamaan)` :
~ Meninggalkan tawa
~ Gaduhnya orang yang membaca Al-Qur'an
~ Berbincang-bincang, kecuali omongan yang sifatnya mendesak. dll
~ > Hendaknya ia melaksanakan perintah Allah, karena orang yang tidak mempunyai adab terhadap Al-Qur'an maka tidak akan mendapat Rahmat Allah.
Abdullah bin Umar -> "Jika membaca Al-Qur'an tidak akan berbicara sampai selesai, jika niat satu surat ya satu surat, satu lampir ya satu lampir "

* `Yang Tidak Diperkenankan saat membaca Al-Qur'an` :
~ Iseng dengan tangannya/lainnya, karena membaca Al-Qur'an adalah bermunajat kepada Allah dan dihadapan Allah harus punya Adab.
~ Diantaranya melihat sesuatu kepada yang melalaikan, misal : sambil nonton TV, di depan jalan yang banyak lalu lalang kendaraan, dll. yang memecahkan pikiran kita.
~ Dan lebih busuk dari ini semua adalah melihat orang yang tidak boleh dilihat oleh orang tersebut, misal :
- Melihat yang bukan mahromnya, atau laki-laki melihat aurot laki-laki , atau perempuan melihat aurot perempuan, melihat laki-laki Amrot (model seperti perempuan/ganteng -> melihat laki-laki yang ganteng tanpa ada perlu ini harom), karena kejahatan antara laki-laki dengan laki-laki ini terselubung/tidak terlihat, begitu pula wanita dengan wanita. Hindari dalam keadaan aman maupun tidak aman.(Naudzubillah) Ini yang menjadikan sebab-sebab kerusakan hati dan kebanyakan orang mengentengkan hal ini karena kebusukan ini lebih mudah daripada laki2 kepada kaum wanita maka pengHaromannya adalah `Penting`.
- Adapun melihat anak-anak Amrot pada saat Jual beli, memberi dan meminta, berobat, mengajar, maka boleh karena ada perlu. Maka bagi yang melihat itu terbatas dan tidak boleh meneruskan pandangan kecuali darurot (misal di matanya ada luka), boleh untuk ia butuhkan saja.
- Melihat orang dengan syahwat itu harom, kepada setiap orang laki-laki atau perempuan, baik itu melihat yang mahrom dengannya kecuali suami-istri. Para Ulama madzhab Imam Syafi'i berkata : ` HAROM, bila melihat mahromnya dengan syahwat, misal Ayah kepada putrinya atau anak dengan ibunya maka Harom jika ada syahwat.
- Dan jika ada orang hadir dalam majelis Al-Qur'an dan melihat kemungkaran ini maka hendaknya merubah dengan tangannya atau dengan lisannya atau dengan hatinya.

Wallahu a'lam Bisshowab

♥ Muslimah ♥






~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kunjungi Website Buya Yahya di www.buyayahya.org
Gabung bersama RadioQU melalui streaming di www.radioquonline.com
Gabung bersama sahabat Muslimah di Facebook https://www.facebook.com/pages/Muslimah/275415002532566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar