Rabu, 12 September 2012

At-Tibyan (4 Romadhon 1433 H)

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Sekilas pendengaran Al faqir dari pengajian rutin bersama Buya Yahya dengan Kajian Kitab At Tibyan karya al Imam an Nawawi setiap hari selama bulan suci Ramadhan di Majelis Albahjah sendang-sumber - Cirebon mulai pkl. 16.00 s/d 17.00 WIB. 

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

4 Romadhon 1433 H

# Anjuran membaca Basmalah dalam surat Al-Qur'an #
* Dan seyogyanya suatu kesunnahan / himbauan / anjuran seorang pembaca Al-Qur'an hendaknya menjaga untuk membaca بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم di setiap permulaan surat Al-Qur'an kecuali surat baro'ah.
* Stiap surat dihimbau menbaca بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم sebab kebanyakan ulama mereka berkata bawasanya sesungguhnya yg namanya بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم itu ayat dalam Al-Qur'an karena tercantum dalam mushaf.
* Kalau Anda membaca بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم disetiap awal surat berari orang tersbt telah menetapkan pembacaan surat Al-Fatihah secara sempurnya. Artinya disetiap siapa yg membaca بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم di setiap surat telah menyempurnakan surat Al-Qur'an.
* Kalau dia mengurangi بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم maka org tsb telah meninggalkan sebagian dari Al-Qur'an menurut kebanyakan ulama.
* Imam Malik -> dalam madzhabnya بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم bukan bagian bagian ayat dlm surat, tapi madzhab kita Imam syafi'i بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم merupakan bagian dr ayat dalam surat Al-Qur'an.
* Imam Syafi'i "Barang siapa dia tdk membaca بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم dalam Al-fatihah maka tidak sempurna Al-Fatihahnya", maka tidak sah sholatnya jika tidak sempurna Al-Fatihah nya.
* kalau ada orang yang tdk menbaca بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم ada yang mengatakan salah, tapi kalau ada orang membaca بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم dalam Fatihah maka tdk ada seorangpun yang mengatakan tidak sah.
* Bacalah bismillah dalam Al-Fatihah, itu lebih bijak dan lebih aman karena tidak ada yang menyalahkannya.
* Jika bacaan Al-Qur'an itu menjadi sebuah pekerjaan yg atas pekerjaan tsb dijadikan upah (misal ada orang yg membimbing seseorang di sebuah mesjid untuk khatam) yang demikian diperkenankan dan berhak mendapat gaji atas itu. mendapatkan rizki yg diambil dr masjid itu sendiri, maka untuk memperhatikan بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم ini lebih perlu supaya ia benar2 berhak mengambil gajinya dengan yaqin.
Tapi jika membaca بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم pasti yaqin halal. Sesungguhnya jika kurang dlm Al-Qur'an tadi (upah) kalau tdk sempurna maka ia tdk berhak mengambil daripada wakaf masjid tsbt. ini adalah hal pelik yg berharga jangan dianggap ringan, maka menjadi sangan penting untuk diperhatikan dan disebar luaskan agar orang tau.

# Anjuran Khusyu dan merenungi Al-Qur'an #
* Kalau seseorang sudah mulai membaca Al-Qur'an maka hendaknya ia khusyu dan merenungi Al-Qur'an, sesuatu yg menunjukkan keadaan ini lebih banyak untuk disebutkan karena dng hal ini menjadi lapang dada dan hati menjadi menyala. Apakah mereka tdk merenungi Al-Qur'an pada waktu membaca.
* Allah berfirman : " Apakah mereka tdk merenungi Al-Qur'an pada waktu membaca?" dan Allah berfirman : "ini kitab Aku Turunkan Al-Qur'an ini muhammad agar penuh berkah, maksudnya agar umatmu merenungi Al-Qur'an "
* Kita diperintahkan untuk merenungi Al-Qur'an bkn untuk menghafalnya. Tapi kebanyakan orang lebih mementingkan menghafalnya.
* Dan hadist ttg merenungi Al-Qur'an ini banyak, dan berkata salafuna sholeh sangan masyhur, "dan telah menginap dari kaum terdahulu mereka itu membaca satu ayat mereka merenungi kpd ayat tersebut kemudian mengulang2nya hingga pagi".
* Dan telah histeris (perilaku yg dtunjukkan benar2 menghayati) bahkan ada dari sekelompok meninggal pada saat merenungi Al-Qur'an.
* Zurororh bin Aufa : Beliau mengimami kaum muslimin di sholat shubuh kemudian sampai pd firman Allah disaat ditiup terompet (di padang mahsyar) sungguh di hari itu adalah hari yg sangat susah, dan dia merenungi keadaan itu hingga terseungkur dan meninggal. Semoga Allah Ridho kepada beliau.
* Menangis yg tiba2 datang begitu saja itu dahsyat hebat, akan tetapi yg bermasalah itu berpura2, dan menangis tdk sengaja dlm sholat itu tdk batal sholatnya, kecuali yg dibuat2 atau berpura2.
* Ada juga orang yg tdk senang dg yang demikian yaitu (Abdul Qosim bis ustman Al Ju'i) , artinya tidak usah seperti itu menurutnya.
* Dan menurut Imam Nawawi ra -> yang benar adalah tidak perlu di ingkari kecuali bagi orang yg sudah dikenal dia pura-pura (masih berbuat maksiat)
* Obat hati ada lima :
1. Membaca Al-Qur'an dengan merenungi
2. Banyak Puasa (jangan banyak makan)
3. Bangun malam
4. Memohon kepada Allah disaat 1/3 malam
5. Duduk dengan orang-orang sholeh

Wallahu a'lam Bisshowab

♥ Muslimah ♥






~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kunjungi Website Buya Yahya di www.buyayahya.org
Gabung bersama RadioQU melalui streaming di www.radioquonline.com
Gabung bersama sahabat Muslimah di Facebook https://www.facebook.com/pages/Muslimah/275415002532566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar